Posted inBerita Riau / Politik

Survei IPO: Dukung Prabowo Jadi Capres, Elektabilitas PAN Naik 6,4%

 

Jakarta – Indonesia Political Opinion (IPO) merilis survei terbarunya pada Senin (20/11). Survei tersebut menunjukkan elektabilitas Partai Amanat Nasional (PAN) yang naik 6,4%, sehingga membuatnya berada di posisi keenam.
Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah menyebut salah satu faktor meroketnya elektabilitas PAN, lantaran bergabung ke Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk mendukung pasangan capres-cawapres Prabowo-Gibran.

“Keputusan PAN bergabung dengan KIM sudah tepat, karena tingkat elektabilitas Prabowo saat ini juga tertinggi dibandingkan Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (20/11/2023).

Sedangkan berdasarkan kelompok usia pemilih pemula atau milenial dan Generasi Z (GenZ) pada pemilu 2024 mendatang PAN berada di posisi ketiga. PAN unggul dibandingkan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

“Elektabilitas PAN di kalangan pemilih pemula jni linier dengan hasil yang diperoleh oleh Partai Gerindra yang meraih posisi pertama dengan poin 21,7 persen. Juga dari elektabilitas Prabowo di kalangan pemilih muda yang menempati posisi pertama dengan poin 31,4 persen, Ganjar Pranowo 29,5 persen dan 21,7 persen memilih Anies Baswedan, sementara 11,6 persen belum menentukan pilihan,” kata Dedi dalam keterangannya.
Diketahui, berdasarkan hasil survei IPO periode 10 – 17 November 2023. Elektabilitas PAN menduduki peringkat ketiga dengan 11,6 persen, sementara PKS berada di posisi ketujuh dengan poin 4,8 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *